Saturday, January 21, 2017

Nonton TV di KOMPUTER dan HP dengan EASYCAP

EasyCAP, adalah sebuah alat konektor yg berfungsi menghubungkan Audio Video Out ( RCA ) dari TV, Receiver Parabola, DVD Player, Play Station, Camera/Handycam, CCTV, dll.


Yang penting terdapat Audio-Video Out-nya yang akan disambungkan ke USB Komputer atau PC, Laptop atau bahkan HP Android dengan bantuan OTG (On The Go), sehingga bisa direkam bahkan diedit.

Alat ini berupa konektor USB yang tinggal ditancapkan ke USB Komputer / Laptop / HP Android. Sangat praktis karena bentuknya sangat ringkas, sehingga kita bisa langsung merekam video dan audio tanpa bantuan soundcard ataupun hardware yang lainnya.
Alat ini juga tidak membutuhkan tambahan power lagi, kita tinggal tancapkan pada USB Laptop/komputer  dan mulai merekam.

EasyCAP Telah disertai DVD Installer dan software perekam dan pengedit video “ULEAD Video editor atau honestech VHS to DVD 3.0 SE” yang merupakan software video editor yang sangat komplit, sehingga kita bisa memotong, menggabung, mengubah suara, menambahkan text, dll sesuai dengan kreasi dan keinginan kita sendiri dalam menciptakan sebuah karya video. Dan dilengkapi pula dengan cara penggunaan atau petunjuk penggunaannya.

EasyCAP sangat cocok bagi kalangan Tracker Parabola yang sering mendapatkan job-job diatas atap karena tidak perlu menggunakan TV sebagai Monitor, cukup dengan Laptop atau HP Android pun bisa.


EasyCAP di Kompter / Laptop

Penggunaan EasyCAP di Komputer / Laptop bisa dibilang sangat mudah, sebelumnya kita harus menginstal driver EasyCAP "ULEAD Video editor atau honestech VHS to DVD 3.0 SE" yang tentunya sudah dilampirkan dalam bentuk kepingan DVD dalam satu packet.


* driver ULEAD Video editor, klik disini
* driver honestech VHS to DVD 3.0 SE, klik disini

setelah Driver ULEAD Video editor atau honestech VHS to DVD 3.0 SE sudah diinstal barulah kita pasang semua kabel RCA dari reciver parabola ke port RCA pada EasyCAP  (sesuai warnanya) setelah itu EasyCAP  kita colokkan langsung ke port USB Komputer / Laptop kita


dan sekarang kita langsung bisa menonton TV lewat Reciver Parabola dengan menggunakan EasyCAP, tentunya hanya dengan colok dan langsung nonton (plug and play).




EasyCAP di HP Android

Untuk penggunaan di HP Andorid sendiri EasyCAP dibedakan berdasarkan Chipsetnya, tentunya yang support buat HP Android, yang rekomendasikan adalah ber-chipset UTV007 atau HTV006 


Tapi pada kali ini justru saya mencoba yang ber-chipset MBA22N dan ternyata work juga


Aplikasi yang digunakan di HP Android macam-macam dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, diantaranya :

* FP Viewer, klik disini
* USB Camera, klik disini
* Camera Fi, klik disini


Untuk HP Android sendiri walaupun sudah support OTG (On The Go) tapi jika ber-chipset MEDIATEK maka aplikasi FP Viewer hanya akan muncul warna putih aja.

Saya menggunakan HP Android Asus Zenfone 2 Laser cek disini dengan chipset Qualcomm dan EasyCAP dengan Chipset MBA22N serta aplikasi Camera Fi 

  

SELAMAT MENIKMATI 

14 comments:

  1. Gan aku punya easycap dgn chipset utv007 ku colok ke android menggunakan app FPViewer di layar android tertulis "device connect error(7)" gimana tu gan mohon pencerahannya....

    ReplyDelete
  2. Kalo samsung J7 2016 cocoknya pakai aplikasi apa & chipset yg mana ya Pak Iyens ?

    ReplyDelete
  3. gAN, punya saya windows 8 ko easycapnya ko masih tetp tidak terdeteksi ke receivernya ya? mohon bantuan nya please.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin driver easycap nya belum di install...

      Delete
  4. saya nggunakan easycap ke hp redmi 3pro ..gambarnya keluar dan bagus tapi kok gak ada suaraya alias bosu.. itu karena apa
    bozz????

    ReplyDelete
  5. Kalo di Xiaomi redmi 4a bisa ngga Bosque...?

    ReplyDelete
  6. Ada berapa macam Versi Chipset EasyCap yg Support Android gan? Versi apa aja?

    ReplyDelete
  7. hallo bang deddy...mhon pencerahan ni...sy punya easier cup dan sudah di coba di tv yang sumber saluran dari tv cable dan hasilnya bagus tapi setelah saya coba di saluran tv indihome...honestech tidak mendeteksi... layar henestcht di komputer sy berwarna hitam... kira2 kesalahan pengaturan dimana ya...mksh

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Saya pakai ss A6+ cocoknya pakai apa?

    ReplyDelete
  10. Adakah apk yg suport hp mediatek gan

    ReplyDelete
  11. Sayangx aplikasinya gak bisa full layar di pc,,,,

    ReplyDelete